Senin, 07 Januari 2019

5 Tips Menghadapi UAS

Cemas, takut, deg-degan, adalah beberapa emosi yang dirasakan oleh kebanyakan Siswa atau Mahasiswa saat menghadapi UAS. Padahal seharusnya mereka merasa senang dong dalam menyambut UAS, itu artinya libur panjang pun akan segera dimulai. Nah, berikut adalah beberapa #TipsNgawurManjur saat menghadapi UAS:

Haydar Iskandar Ujian Tips


1.      Nutrisi untuk Otak
Nutrisi bagi otak sangat penting guna membantu otak untuk tidak berpikir mesum, eh maksudnya agar otak mampu mengingat mantan, eh salah lagi. Maksudnya agar otak mampu bekerja secara optimal dalam mengingat materi yang akan diujikan. Caranya adalah dengan memperbanyak makanan yang bernutrisi saat menjelang UAS, saat H-1 UAS misalkan. Makanan yang bernutrisi tinggi adalah makanan yang GRATIS, selain bernutrisi bagi otak, juga sangat bernutrisi bagi kantong. Cara mendapatkan makanan bernutrisi ini adalah saat H-1 UAS perbanyaklah bersilaturahmi ke rumah tetangga di saat jam makan pagi, siang dan malam. Datanglah dengan muka memelas dan sesekali elus-elus perut sebagai tanda sedang lapar. Insyaallah, nutrisi kamu tercukupi.

2.     Siapkan Bahan Ujian
Pastikan semua bahan yang berhubungan dengan UAS besok sudah disiapkan di dalam tas. Bahan ujian ini akan sangat menentukan keberhasilan UAS kamu. Ibaratkan akan pergi perang, maka tidak cukup hanya pergi memasang badan saja tanpa membawa senjata. Beberapa bahan ujian yang perlu kamu bawa adalah obeng, celurit dan cangkul. Obeng sangat membantu kamu ketika pintu kelas yang akan dipakai ujian masih terkunci dan bapak pemegang kunci kelas tersebut belum datang, maka kamu bisa membukanya dengan menggunakan obeng. Kemudian celurit sangat membantu kamu dalam memberikan ancaman kepada teman di sebelah kamu yang mendadak mejadi tuli dan tidak mau membantu kamu memberikan jawaban. Sedangkan cangkul dapat kamu gunakan untuk menggali tanah dan mengubur hidup-hidup teman kamu yang ngakunya tidak bisa menjawab soal UAS tapi ternyata ngumpulin pertama.

3.     Pasang Timer
Belajar saat menjelang UAS merupakan hal yang sangat penting. Tetapi waktu belajar yang berlebihan pun tidak baik karena akan berdampak pada kelelahan otak. Maka sebelum mulai belajar, atur alarm HPmu untuk berbunyi setiap 45 menit. Setelah belajar selama 45 menit, maka berhentilah dan istirahat barang sejenak. Jangan sesekali menggunakan waktu istirahat ini untuk membuka akun sosial media mantan kamu, jangan! Indikasi terbesar adalah membuat kamu gagal move on dan gagal menghadapi ujian hidup. Coba rebahkan badan. Pergi ke tetangga untuk mencari makanan bernutrisi. Pergi mainan eskalator di Mall. Pergi ke daerah bencana untuk menjadi relawan. Dan setelah istirahat maka lanjutkan belajar kamu dengan lebih giat, karena ternyata kamu pergi istirahat terlalu jauh sedangan UAS sudah berlalu satu bulan.

4.     Atur Strategi
Dalam melakukan suatu pekerjaan apapun, maka dibutuhkan strategi yang matang untuk hasil yang optimal. Termasuk saat menghadapi UAS pun sangat perlu untuk menyusun strategi. Salah satu strategi ini adalah datanglah lebih pagi dan tentukan posisi duduk. Karena posisi menentukan prestasi. Datanglah pagi-pagi buta, jam 4 pagi misalkan. Apabila pintu kelas masih terkunci, jangan lupa untuk mengeluarkan obeng yang sudah disiapkan untuk membukanya. Pilihlah tempat duduk yang strategis, hindari memilih tempat duduk di tempat dosen/ guru. Hindari juga duduk di bangku pelaminan nikahan mantan, jangan! Karena yang sedang kamu hadapi adalah Ujian Akhir Semester bukan ujian hidup. Setelah memilih tempat duduk, pastikan bahwa kamu menghadap ke arah yang benar. Hindari menghadap ke calon mertua kalau belum siap.

5.     Buat Catatan Penting
Selama belajar, kamu pasti menemukan materi yang penting dan mungkin susah untuk diingat. Maka sangat dianjurkan untuk membuat catatan tentang hal ini. Apabila materi yang penting dan susah diingat tersebut mencakup satu buku, catat saja semuanya. Akan tetapi tidak perlu berlebihan dalam membuat catatan ini. Seperti tanggal jadian, tanggal kencan pertama, tanggal putus, nomor ukuran sepatu, nomor Kartu Keluarga, password WiFi, tidak perlu kamu masukkan di catatan ini. Dan apabila dengan membuat catatan ini tidak cukup membantumu dalam mengerjakan soal, maka jangan malu untuk bertanya pada guru atau dosen. Karena kata pepatah; “Malu bertanya sesat di jalan.”  Maka tanyakan saja soal mana yang tidak kamu pahami, daripada kamu sesat di jalan dan gak bisa pulang, hayo? Dan lebih berbahaya lagi kalau kamu tersesat di-jalani aja dulu, kalau udah pas baru jadian.

So gaes, ready for your last exam?
Inilah 5 #TipsNgawurManjur untuk menghadapi UAS kamu. Bagi kamu yang merasa bahwa 5 tips di atas sangat bermanfaat, silakan bagikan informasi ini ke guru atau dosen, ke tetangga, ke bapak pemegang kunci, ke mantan dan juga ke calon mertua. Tetapi apabila 5 tips di atas sama sekali tidak membantumu, maka tinggalkan komentar dengan cara yang seharusnya dilakukan saat menghadapi UAS.

Good luck, gaes!



Jadilah pembaca setia gue, siapa tahu jodoh!

Reaksi:

2 komentar: