Sabtu, 27 Mei 2017

Benda yang Harus Ada Saat Bulan Ramadhan

Bulan Puasa Ramadhan Tips puasa buka puasa sahur


Halu halu... Apa kabar nih dulurs? (Dulur: saudara). Semoga masih diberi senyum terindah di hari ini, ya!

Wah, nggak kerasa, bulan Ramadhan udah kembali menghamipiri kita. Gimana lur, puasa nggak di hari pertama ini? Tenang aja, aku nggak bakal nanyain bulan Ramadhan ini masih sendiri atau udah taken, tenang aja. Aku bisa menghormati perasaan kalian kok, I know lah.

Pastinya, kita semua sesama umat Islam menyambut bulan Ramadhan ini dengan penuh hati gembira. Banyak hal yang membuat seseorang pantas untuk membanggakan dan mengagungkan bulan yang satu ini. Salah satunya adalah karena di bulan Ramadhan ini Allah memberikan banyak kemuliaan kepada hamba-Nya yang melakukan suatu kebaikan, bahkan tidur pun mendapat pahala.

Selain itu, di bulan Ramadhan adalah ladang kesempatan berhemat bagi anak kos. Gimana nggak hemat cobak, setiap buka puasa cari takjil dan buka gratis, sedangkan sahurnya cukup nelen obat maag sebiji. Dan kalau itu dilakukan selama satu bulan, udah berapa rupiah tuh yang ditabung? Mau nyobak? Silakan, resiko ditanggung penumpang.

Dan yang nggak ketinggalan juga, dalam rangka menyambut bulan Ramadhan ini biasanya orang-orang akan mempersiapkan kebutuhan yang harus ada selama satu bulan. Dan berikut adalah 8 Benda yang Harus Ada Saat Bulan Ramadhan:

1.   Peralatan Ibadah
Bulan Puasa Ramadhan Tips puasa buka puasa sahur

Yang ini wajib punya! Jangan sampai giliran mau pergi tarawih kita masih bingung nyari sarung atau sajadah. Dan hindari minjem sajadah ke mantan, jangan! Bisa berbahaya. Dan pastinya, dalam kehidupan sehari-hari kita udah punya peralatan ibadah ini. Nggak harus beli baru, cukup pakai yang sudah ada selama masih layak pakai. Minimal yang harus ada adalah sarung, baju koko, sajadah, peci dan mukenah bagi perempuan.

2.   Sandal Jepit
Bulan Puasa Ramadhan Tips puasa buka puasa sahur

Pasti kalian bertanya-tanya; “Kok sandal jepit?”
Yang satu ini juga penting, pastikan kamu punya persedian sandal jepit lebih dari sepasang, beli aja yang murah tapi nggak murahan. Dan menggunakan sandal jepit saat pergi tarawih adalah pilihan terbaik. Hindari untuk makek sandal dengan harga mahal. Rawan kehilangan, lur! Serius, tahun lalu aja aku pernah jadi korbannya. Dan giliran aku ngelapor ke Pak Polisi soal kasusku ini, malah sama bapak Polisinya dikasih dua lembar uang lima ribuan.

3.   Rice Cooker


Bagi kebanyakan anak kos, benda ini menjadi penolong disaat merasa malas untuk membeli makan saat sahur. Selain itu, memasak sendiri akan menjadi salah satu cara untuk menghemat. Tips hemat lainnya adalah, cukup masak nasi dan air panas satu gelas. Selanjutnya masukkan satu sachet mas*ko ke dalam gelas yang berisi air panas tadi, aduk sampai rata dan jadikan sebagai kuah. Taraaa....menu nasi kuah kaldu sapi siap disantap.

4.   Kaca Mata Hitam
Bulan Puasa Ramadhan Tips puasa buka puasa sahur

Bagi kamu yang baru aja diputusin, kaca mata hitam ini menjadi barang wajib yang harus kamu miliki selama bulan Ramadhan ini. Ada yang bisa jawab untuk apa? Yaps, biar mata kamu enggak iritasi berat ketika melihat mantan kamu pergi ngabuburit sama pacar barunya. Nah, loh.... Kalo sampek iritasi berat dan ngeluarin air mata? Bisa batal tuh puasa kamu. So, persiapakan barang ini!

5.   Obat Maag
Bulan Puasa Ramadhan Tips puasa buka puasa sahur

Siapkan barang kecil ini untuk menemani bulan Ramadhan kamu. Terlebih bagi kamu yang punya riwayat penyakit maag, maka pastikan kamu memiliki persedian obat maag satu toko untuk berjaga-jaga agar maag kamu tidak kambuh di saat ketemu mantan, eh maksudnya disaat berpuasa. Ingat, jangan jadikan obat maag ini sebagai menu utama sahur kamu!

6.   Tiket Buka Puasa Gratis
Bulan Puasa Ramadhan Tips puasa buka puasa sahur

Mana nih yang merasa PPT? Para Pencari Takjil maksudnya. Wah penting banget nih, silakan kumpulkan tiket takjil atau berbuka puasa gratis sebanyak-banyaknya, tapi ingat jangan digandakan ya tiketnya! Hampir di setiap masjid-masjid menyediakan takjil dan makanan berbuka gratis bagi para jamaahnya. Kalau udah dikasih gratisan, siapa sih yang nggak mau? Apalagi anak kos yang udah satu bulan belum dapat kiriman, bisa jadi rejeki nomplok tuh.

7.   Yang Manis-Manis
Kata kebanyakan orang; “Berbukalah dengan yang manis-manis.”
Ya, siapkan juga yang manis-manis di rumah atau tempat kos kamu. Kenangan manis sama mantan, misalkan. Atau silakan bawa yang manis di bawah ini.
Bulan Puasa Ramadhan Tips puasa buka puasa sahur

Jangan salah fokus! Maksudnya adalah, siapkan makanan yang manis-manis yang umum dijumpai di saat bulan Ramadhan. Misal adalah kurma atau sirup yang bisa dengan mudah kamu beli di toko-toko terdekat.

8.   Cermin
Bulan Puasa Ramadhan Tips puasa buka puasa sahur

Benda terakhir adalah cermin. Kok cermin, sih?
Yap, siapkan cermin besar di kamar kamu. Untuk apa? Untuk melakukan intopeksi diri. Yuk, jadikan bulan Ramadhan ini sebagai penambah iman kita dan juga sebagai ladang intropeksi diri kita sendiri. Mari intropeksi diri atas apa yang sudah dilakukan selama ini dan bagaimana puasa kita di bulan Ramadhan tahun kemarin, selanjutnya dari hasil intropeksi diri tersebut mari kita renungkan apa yang harus dilakukan untuk memperbaiki diri di bulan yang penuh berkah ini. Serius banget ya.

Nah, itu dia 8 benda atau kebutuhan yang harus kamu siapkan selama bulan Ramadhan ini. Kira-kira, benda apa aja yang belum kamu siapkan, lur? Kalau masih ada yang kurang, yuk disiapkan dari sekarang! Dan selagi masih hari pertama, aku mau minta maaf apabila selama berteman di dunia maya ini sering menimbulkan keresahan bagi kalian semua. Begitu pun sebaliknya, aku juga udah maafin kalian semua kok! Jangan lupa, minta maaf juga ke mantan ya, biar nggak ada dusta selama menjalankan ibadah puasa.

Oh ya, ada titipan pesan nih. Yuk, kita jalankan seluruh serangkaian ibadah di bulan Ramadhan ini dengan hati ikhlas dan semata-mata mengharap ridha dari Allah SWT. Jangan sampai kita mensia-siakan momen di bulan Ramadhan ini. Tinggalkan segala aktivitas yang dapat mengurangi pahala ibadah kita, termasuk tinggalkan mantan dan segala kenangannya, insyaallah berkah.

Semoga postingan kali ini bermanfaat dan bisa dimanfaatin oleh kamu-kamu semua. Selamat berpuasa, dulur! Nantikan cerita Ramadhan selanjutnya....



Jadilah pembaca setia gue, siapa tahu jodoh!

Reaksi:

3 komentar:

  1. Artikelnya keren mas silahkan kalau mau kunjungan balik sesama orang bangkalan hehe
    alibbers.blogspot.com

    BalasHapus
  2. Selamat hari raya, bro!

    -jevonlevin.com

    BalasHapus
  3. Segera bergabung di Hashtag Option. Platform Trading Forex pertama di Indonesia,
    Trading binary option berbasis Indonesia dengan payout hingga 80%, minimal depo 50.000,-

    Dapatkan bonus depo pertama 10%** T&C Applied...
    Anda juga mendapatkan BONUS Referral 1% dari rofit investasi tanpa turnover....

    Hayooo daftar sekarang juga. kunjungi website kami di https://tinyurl.com/yc9xxzj9
    Salam Profit

    BalasHapus