Jumat, 28 Oktober 2016

Jadilah Remaja yang Pasti-Pasti Aja (2)

2.  Remaja, gudangnya ide dan kreatifitas

Haydar Iskandar motivasi remaja sumpah pemuda indonesia genre

Ketika membaca judul poin dua di atas, saya prediksikan ada dua hal respon kilat diantara kalian; sepakat dan kurang sepakat.

Pertanyaannya adalah, lebih banyak mana antara orang yang memilih sepakat dengan yang tidak sepakat?

Mari, kita simak bersama penjelasan di bawah untuk menentukan jawaban atas pertanyaan pembuka tersebut.

Secara kapasitas, usia muda (remaja) memiliki semangat yang lebih berapi-api daripada kelompok usia lainnya. Ya, jelas saja karena mereka masih muda. Dan kita sering pula mendapati berita soal anak muda yang mampu menciptakan sebuah karya yang luar biasa. Bahkan baru-baru ini, dikabarkan sekelompok mahasiswa mampu menciptakan salep penyembuh luka pada penderita diabetes, yang atas karyanya ini mampu mencengangkan para tim medis. Dan masih banyak lagi kehebatan-kehebatan mereka yang acap kali membuat kita berdecak kagum.

Melihat fakta tersebut, tentu kita akan sangat sepakat bahwa usia muda (remaja) merupakan gudangnya ide dan kreatifitas. Namun, yang sangat disayangkan adalah kita seringkali ragu bahkan salah paham terhadap diri sendiri. Kita sering mengira, mengira bahwa kita tidak memiliki kemampuan terhadap suatu bidang. Kita mengira, mengira bahwa kita tidak mungkin menang terhadap sebuah perlombaan yang sedang kita ikuti. Kita mengira, mengira bahwa kita tidak bisa berbuat banyak untuk menghasilkan karya hebat.

Kita terlalu banyak mengira-mengira yang pada akhirnya cenderung melemahkan kepercayaan diri kita sendiri. Padahal sebenarnya, kita mampu menguasai terhadap suatu bidang. Kita mampu menjadi pemenang dalam sebuah perlombaan. Dan kita punya peluang besar untuk menghasilkan sebuah karya besar.

Kita sering salah paham terhadap diri sendiri.

Mari kita banyak-banyak melihat. Melihat potensi dalam diri. Melihat kesulitan untuk dimanfaatkan. Dan yang terpenting, melihat hasil yang akan kita ciptakan. Jangan sesekali meragukan langkah pergi Anda, tetapi mantapkan setiap pijakan langkah tersebut. Ingat, bahwa apa yang terjadi adalah apa yang kita pikirkan. Kalimat tersebut memang sudah sering dibahas, tapi hanya sedikit orang yang mempercayainya.

Untuk itu, catatlah semua ide-ide hebatmu. Jangan peduli, sekalipun orang melihat idemu sebagai ide gila. Ketahuilah, bahwa orang terdahulu kita yang telah menciptakan banyak karya yang kita nikmati sekarang, dulunya disebut sebagai orang tergila karena banyak mengkhayalkan sesuatu yang tidak mungkin untuk terjadi. Tapi lihatlah sekarang, yang tidak mungkin itu telah menjadi nyata.
Sekarang, apakah kita sudah menemukan jawaban atas pertanyaan pembuka tadi?
Lebih banyak mana orang yang sepakat atau kurang sepakat? Anda yang mulanya sepakat, apakah tetap sepakat?  Dan Anda yang mulanya kurang sepakat, apakah akan tetap tidak sepakat? atau sebaliknya?


3.    Mengubah hobi menjadi profit

Haydar Iskandar motivasi remaja sumpah pemuda indonesia genre

Eeem... Kalo bicara soal hobi, siapa sih yang tidak punya hobi? Terutama anak muda jaman sekarang, bahkan bisa jadi memiliki lebih dari satu hobi. Mulai dari hobi yang terbilang kece, sampai pada hobi yang nyeleneh. Macam-macam alasan mereka mengapa menghobikan hal tersebut.

Bukan masalah, apapun jenis hobinya. Tapi yang menjadi keharusan kali ini adalah bagaimana menjadikan hobi itu bernilai manfaat, terlebih dapat bernilai bisnis untuk kita.

Pertama, kita harus sepakat, bahwa semua hobi yang baik dapat dijadikan bisnis. Coba ulangi kalimat barusan. Setelah itu mari sepakati. Atau masih ada yang belum sepakat? Kalau begitu mari lanjut pada pembahasan.
Saat ini, banyak sekali orang-orang yang memanfaatkan hobi mereka sebagai bisnis. Kelebihannya adalah, mereka dibayar atas kesenangan yang mereka kerjakan.

Mungkin akan menimbulkan pertanyaan baru, bagaimana sih mengubah hobi tersebut menjadi profit?

Mulailah dari hal sederhana, tindakan kecil yang bisa kamu lakukan. Tekuni-kembangkan apa yang menjadi hobimu saat ini. Lalu carilah cara untuk mengubah hobi tersebut menjadi peluang bisnis.
Sekarang, apa hobimu?
Hobi bongkar motor, berbisnislah dengan membuka bengkel motor.
Hobi membaca dan menulis, terus kembangkan sehingga menjadi penulis. Dan tentu masih banyak lagi contoh-contoh lain.
Memang, untuk mencapai hasil besar tidak bisa instan. Butuh kerja yang keras dan kerja ikhlas. Maka berusahalah sampai kamu lupa lelah.


4.    Jadilah remaja baper dan jaim

Haydar Iskandar motivasi remaja sumpah pemuda indonesia genre

Sederhana saja, pesan yang akan saya sampaikan dalam poin terakhir di seri "Jadilah remaja yang pasti-pasti aja" kali ini.

Pesannya adalah: Jadilah Remaja Baper dan Jaim.

Adakah yang nyeleneh dalam kalimat tersebut? Ya, ada, mungkin. Kenapa kok harus baper, bawa perasaan? Dan kenapa kok harus jaim, jaga image? Begitukah pertanyaan yang terlintas di benak Anda saat ini?

Sekarang mari kita sepakati soal apa yang saya maksud baper dan jaim di sini. Baper: bawa perubahan. Jaim: jaga iman.

Tentu, sebagai pemuda, kita harus menyumbangkan banyak ide dan aksi positif, untuk menunjang terjadinya perubahan demi perubahan yang lebih baik.

Jaim, ya, jaga iman adalah kunci utama. Pada kejadian di lapangan, banyak sekali di antara kita yang kurang jaim, sehingga berbagai ancaman (masalah) mudah sekali menyentuh sikap dan emosi kita. Akhirnya bertindaklah kita sebagai orang yang salah.

Sedehananya, ayo menjadi sosok yang jaim, jaga iman. Dan setelah itu, ayo menjadi sosok yang baper, bawa perubahan. Untuk siapa? Minimal untuk diri sendiri. Selanjutnya, bawa perubahan untuk bangsa.

Ingat, bahwa perubahan besar diawali oleh langkah kecil yang sederhana. Maka segera ambil langkah untuk menuju perubahan yang besar.

Dan pertanyaan penutupnya adalah, siapa yang merasa perlu untuk selalu baper dan jaim?

Anda kah?



Jadilah pembaca setia gue, siapa tahu jodoh!

Reaksi:

3 komentar:

  1. Bawa perubahan dan jaga iman. Bisa aja, bro! :))

    -jevonlevin.com

    BalasHapus
  2. BROKER TERPERCAYA
    TRADING ONLINE INDONESIA
    PILIHAN TRADER #1
    - Tanpa Komisi dan Bebas Biaya Admin.
    - Sistem Edukasi Professional
    - Trading di peralatan apa pun
    - Ada banyak alat analisis
    - Sistem penarikan yang mudah dan dipercaya
    - Transaksi Deposit dan Withdrawal TERCEPAT
    Yukk!!! Segera bergabung di Hashtag Option trading lebih mudah dan rasakan pengalaman trading yang light.
    Nikmati payout hingga 80% dan Bonus Depo pertama 10%** T&C Applied dengan minimal depo 50.000,- bebas biaya admin
    Proses deposit via transfer bank lokal yang cepat dan withdrawal dengan metode yang sama
    Anda juga dapat bonus Referral 1% dari profit investasi tanpa turnover......

    Kunjungi website kami di www.hashtagoption.com Rasakan pengalaman trading yang luar biasa!!!

    BalasHapus