Selasa, 26 April 2016

Sakit: Jatah Istirahat

Siapa sih yang nggak butuh istirahat? Robot sekalipun pasti ada masanya untuk istirahat dan ganti batre. Terlebih bagi mereka yang menjalankan rutinitasnya dengan jadwal yang sangat padat setiap harinyamulai Senin sampai Sabtu. Jenuh dan kadang stress pasti menjadi hal biasa bagi mereka yang aktivitasnya bejibun banget. Dan pada satu moment, kadang mereka berdalih gini “Gue butuh piknik, nih!”

Begitu juga dengan gue, yang bisa dibilang aktivitasnya melebihi aktivitasnya para pejabat. (Emang pejabat apa kerjaannya, ya? Entah!) Dan prinsip gue adalah pantang berhenti sebelum semua pekerjaan selesai, dan hal ini yang kadang membuat gue lupa makan dan istirahat. Bahkan bukan hal yang biasa lagi ketika gue harus lembur dan gak ditiduri tidur semaleman.

Iya, kadang gue emang gak bisa peka dengan kebutuhan tubuh gue sendiri. Gue gak bisa mengerti mata yang sudah lelah dan meronta ingin tidur cepat. Dan akibatnya…

sakit jatah istirahat tips biar sehat tidak sakit haydar iskandar

Sampai suatu saat dan mungkin ini adalah puncak dari kelelahan gue, gue SAKIT. (Bacanya sambil pegang dada kiri dan kerutkan dahi). Awalnya gue sakit flu biasa, ya gue pikir wajarlah karena cuaca. Gue obatin sewajarnya, gue bawa tidur sewajarnya, makan sewajarnya dan minum pun sewajarnya. Biasanya paling lama gue flu 3-4 hari. Tapi kali ini setelah 4 hari flu gue belum sembuh-sembuh. Bersin-bersin, ingusan dan sedikit batuk.

Barulah di hari ke lima agak mendingan. Tapi, ada sebuah kejadian yang menimpa diri gue dan itu mendatangkan penyakit baru pada diri gue. Jadi, waktu itu gue mau buang ingus, nah karena saking semangatnya gue ngeluarin ingus sampai gue makek jurus kame-kameha gue. Dan yang terjadi, gue buang ingusnya kekencengan sampai terasa ada tendangan di telinga kanan gue dan….ampun rasanya sakit banget. Setelah itu kuping gue sakit banget sampek dua hari.

Secara bersamaan, antara flu dan sakit kuping gue tadi sembuh dan hilang. Huuh, lega dong. Tapi…dua hari setelah itu, sebangun gue dari tidur siang, kepala gue terasa meriang banget dan badan pening. Gue pikir mungkin karena efek tidur siang yang cuma beberapa menit. Tapi ternyata dugaan gue salah. Rasa pening dan meriang tadi berlanjut keesokan harinya lagi, malah ada rasa sakit di tenggorokan gue sampai susah buat nelen batu akik. Akhirnya gue mikir, wah gak boleh dibiarin nih, harus dibawa ke pihak yang berwenang dokter nih.


sakit jatah istirahat tips terhibndar sakit agar tetap sehay Haydar Iskandar

Akhirnya pergilah gue ke dokter. Menurut dokter, gue terserang infeksi tenggorokan dan tensi darah gue lumayan tinggi. Lumayan lega karena gue udah tahu dengan penyakit yang gue derita. Akhirnya saat itu juga gue bener-bener bedrest di rumah orang tua, karena kalo tetep di kontrakan gak ada yang ngerawat. Sedangkan kalo di rumah, ada adik-adik yang bisa gue suruh kesana dan kesitu. HaHaHaHa…..

Total, gue mendapat jatah sakit dua Minggu. WOW. Jarang-jarang, kan? Dan Alhamdulillah, gue bisa kembali beraktivitas sejak kemarin (25/4/2016). Mudah-mudahan penyakitnya bener-bener udah Tuhan angkat dan digantikan dengan kesehatan yang luar biasa. (Aminin dong….) Ammiin….
 
Haydar Iskandar author dan trainer
Sumber: IG haydar_iskandar


Dan buat para pembaca blog ini, jangan lupa jaga kesehatan. Jangan hanya sekedar peka sama pacar, tapi peka dulu sama diri sendiri. Harus tahu kapan waktunya istirahat dan berolahraga. Jangan tidur terlalu malam (:begadang) kalau nggak ada urusan yang terlalu penting. Ingat, mencegah lebih baik daripada mengobati. Dan kesehatan adalah kekayaan yang gak ada bandingannya dengan harta para koruptor sekalipun. Artinya, kesehatan itu sangat mahal. Yuk, kita sehatkan diri bersama-sama.

Salam sehat Indonesia!
(Bagikan tulisan ini jika bermanfaat).



Jadilah pembaca setia gue, siapa tahu jodoh!

Reaksi:

3 komentar: