Senin, 04 Januari 2016

Cerita SMA #1: Setelah Libur Semester

Haydar Iskandar

Menurut kamu, kenyataan tentang masa libur sekolah akan berakhir itu termasuk kabar bahagia atau kabar sedih, sih? Diantara kamu pasti ada yang jawab: “Bahagia dong, karena bisa kembali masuk sekolah”  dan ada juga yang seperti ini “Duh, aku masih pengen masa liburan.”  

Yang jawab bahagia mana nih suaranya?
Terus, yang jawab sedih mana suaranya?

Kok suara kamu nggak kedengeran di telinga aku, ya? (Yaiyalah keles, kita kan jauh di mata…)

Kali ini, aku akan ngebahas fakta yang umum terjadi ketika masa libur sekolah berakhir. Postingan ini terinspirasi dari flashback pengalaman pribadi pas duduk di bangku SMA. Entah, apakah pelajar SMA pas jamanku masih sama dengan pelajar SMA kekinian.

Siswa yang seneng.
Biasanya, di malam terakhir liburan mereka akan nyiapain semua perlengkapan sekolah seperti; buku tulis, alat tulis, topi, dasi, seragam, kaos kaki, kaos dalam sampek celana dalam. Bahkan ada juga yang nyiapin bunga mawar untuk dikasi ke pacarnya. Selain itu, kalo siswa alay biasanya sebelum tidur malah update status “Goodnight dan cemungud besok hari pertama masuk sekolah!”

Dan biasanya, mereka akan bangun lebih pagi. Pukul 01.00 WIB misalkan, karena saking semangatnya sekolah ya kan... Pagi hari mereka tersenyum lebar sambil berkata, ”Yee..udah masuk sekolah, akhirnya bisa dapet uang saku lagi.”  Semua siap, tinggal sungkem orang tua, minta uang saku, terus berangkat ke sekolah dengan hati berbunga, berbunga sepatu.

Nyampek di sekolah, ikut upacara pun berdiri di barisan paling depan. Setelah upacara, masuk kelas, dan udah gak sabar nunggu guru masuk untuk nerima pelajaran. Tapi kalo ternyata gurunya nggak masuk, dia bakal ngeluh. “Yah, kok gurunya nggak masuk? Makan gaji buta nih Pak Guru.”

Siswa yang nggak seneng.
Di malam terakhir liburan, biasanya dia semacam orang yang lagi galau, resah dan gelisah karena belum siap belajar lagi. Kadang ada juga yang tiba-tiba alim dan berdoa; “Ya Tuhan.. Liburannya kok udah selesai? Beri hamba kesempatan untuk liburan seminggu lagi, Tuhan. Atau, buat gurunya besok nggak masuk.” Dan nggak jarang diantara mereka yang pura-pura bilang sakit ke Ibunya agar besok nggak masuk sekolah. Iya kan, kamu gitu?

Dan lagi, kalo nyiapin perlengkapan sekolah biasanya pas 1 jam sebelum berangkat ke sekolah. Kadang dasinya nggak ketemu lah, topinya yang ilang lah, seragamnya yang belum disetrika, bawa tas tapi nggak ada isinya, kadang juga celana dalamnya ketinggalan. Tapi anehnya, uang saku kok nggak pernah ketinggalan, ya? Kadang kalo siswa jail, bukannya nyiapin buku pelajaran malah nyiapin garam untuk ditabur di bawah kursi gurunya. Ada kan yang kayak gitu? Kalo diantara kalian ada yang seperti itu, bertobatlah sebelum gurumu tahu dan membalas dengan menabur garam dibawah tempat dudukmu!

Ikut upacara juga males-malesan, bahkan ada juga yang pergi ke UKS dan pura-pura sakit. Bagi mereka, sekolah di hari pertama setelah liburan itu nggak banget, enggak semangat banget pokoknya. Apalagi kalo nggak punya pacar, serasa nggak ada tujuan pergi ke sekolah. Astaghfirulloh… Nggak baik, nak.

Pas nyampek di kelas, yang diharapin cuma dua, gurunya nggak masuk atau sekolah pulang pagi. Tapi kalo ternyata gurunya dateng, terlebih guru yang masuk adalah guru killer yang ngajar mata pelajaran matematika, tamat tuh hidupnya.

Itu sih, sedikit yang aku inget pas jaman SMA dulu. Apakah masih sama seperti itu? Kalian bisa share di kolom komentar kalo ada yang berbeda dari pelajar SMA kekinian. Atau mungkin pelajar sekarang semuanya pada seneng kalo masuk sekolah lagi setelah masa liburan? Alhamdulillah.

gobloghaydar.blogspot.co.id
Waktu hidup di jaman alay SMA

Tapi intinya, yang ingin aku sampein lewat tulisan ini adalah: nikmati dan jalani dengan ikhlas setiap skema yang terjadi dalam hidup kamu. Waktunya masuk sekolah, ya jalani dengan semangat. Jangan sampek males-malesan atau jangan sampek nekat untuk ngebolos. Di tahun yang baru ini, tahun 2016, harusnya semangat kamu semakin menggebu, bukan malah semakin menjadi abu-abu. Yuk, move!  Kita pindah dari yang lalu ke yang baru, tentunya yang baru itu adalah hal yang positif dan bermanfaat. Pindah dari hal yang buruk ke hal yang baik-baik saja.

Nah, bagi seluruh pelajar Indonesia yang hari ini udah mulai masuk sekolah lagi, semangat ya belajarnya.. Jangan males, dan jangan pergi ke sekolah hanya karena ingin ketemu pacar, tapi untuk belajar. Satu yang harus kamu tahu, kamu itu lebih cakep kalo lagi makek seragam sekolah tauk, dibanding saat kamu makek baju bolong-bolong dan kain yang belum selesai dijahit. Dan kamu itu lebih keren saat pergi ke sekolah, dibanding saat kamu pergi ke tempat tongkrongan di bawah jembatan.

Semangat, kaka !!!

Jadilah pembaca setia gue, siapa tahu jodoh!

Reaksi:

2 komentar:

  1. Anjir, fotonya. Pake gelang pink. Alay!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gelangnya kan dikasih kamu.. Hahaha
      Itu foto diambil tahun 2011

      Hapus