Rabu, 17 Juni 2015

Persiapan Menyambut Ramadhan 1436 H

ramadhan


Alhamdulillah…
Nggak kerasa, sebentar lagi kita akan memasuki bulan Ramadhan. Rasanya baru kemarin aku buat postingan Resiko Ngabuburit Bareng si Doi, eh sekarang malah udah ketemu bulan Ramadhan lagi. Apa cuma perasaanku aja yang salah? Kata orang-orang, waktu begitu cepat untuk berganti. Menggulirkan masa ke masa dengan tanpa terasa.

Ada yang belum tahu nggak, berpuasa di bulan Ramadhan adalah rukun Iman yang ke berapa?

Kalau ada yang menjawab rukun Iman yang ke empat, itu artinya kamu cukup goblog. Jelas-jelas berpuasa di bulan Ramadhan itu adalah rukun Islam yang ke empat. Bulan Ramadhan, adalah bulan kesayangan semua umat Islam (harusnya). Tapi masih banyak juga yang menjadikan bulan jadian dengan pacarnya adalah bulan kesayangan (Betul, ngak?).  Bagi yang jomblo? Semua bulan adalah bulan kesayangan (tepuk tangan untuk para jomblo).


Bulan Ramadhan, ibarat tamu istimewa yang sangat dinantikan semua orang. Karena itu, suguhkanlah tamu istimewa kita dengan hidangan yang special pula. Jangan sampai tamu istimewa kita tidak berkenan datang lagi pada tahun-tahun berikutnya. Berikut menu yang bisa kalian siapkan sebagai suguhan saat bulan Ramadhan:

1.       Menggunakan Jiwa yang Bersih
Karena bulan Ramadhan adalah tamu yang suci, sudah seharusnya kita mensucikan diri agar pantas untuk menemuinya. Ibarat kalau kalian akan bertamu dengan Presiden, masak iya menggunakan kaos oblong dan sandal jepit? Baru nyampek gerbang sudah diusir. Jadi, hilangkan kotoran yang melengket pada jiwa kalian hingga bersih. Kalau punya dendam dengan mantan, cepat-cepatlah musnahkan mantannya, agar hati kita nggak punya dendam saat menyambut Ramadhan.

2.      Suguhkan Iman yang Mantap
Ini sangat penting, karena untuk melewati berbagai cobaan yang akan dihadapi saat Ramadhan, kita harus membiasakan diri untuk selalu menjaga iman. Biasakanlah sejak jauh hari sebelum Ramadhan datang. Misal, berhenti jalan tiap hari dengan si doi, berhenti ngintipin ibu-ibu yang sedang mandi di sungai, dan berhenti godain pacar orang. Dengan membiasakan diri sejak jauh hari, maka akan memudahkan kita untuk menahan godaan saat bulan Ramadhan datang.

3.      Suguhkan Dengan Semangat
Diapelin pacar aja semangatnya setengah mati, masak iya kedatangan bulan Ramadhan malah nggak semangat? Harusnya bukan lagi semangat setengah mati, masak iya cuma setengah? tetapi “semangat mati”. Bukan hanya semangat saat menjelang buka saja, tetapi semuanya. Misal, semangat beribadah, semangat bersedekah, dan semangat untuk memperbanyak ibadah sunnah lainnya.

4.      Suguhkan Dengan Fisik yang Tangguh
Jangan karena alasan berpuasa, kalian jadi nggak bersemangat menjalankan aktivitas yang sudah menjadi rutinitas. Justru hal tersebut akan mengurangi pahala puasa kalian. Agar kita memiliki ketahanan fisik yang tangguh, maka biasakanlah mulai sekarang untuk mengatur pola makan, pola istirahat yang seimbang, banyak berolahraga, dan jangan makan beras plastik. Agar saat berpuasa nanti, akan jauh lebih siap untuk melakukan berbagai aktivitas.

5.      Target untuk Lebih Baik
Tahun ini, harus lebih baik dari tahun-tahun sebelumnya. Mulai diingat lagi, carilah kekurangan saat bulan Ramadhan tahun kemarin, dan berusahalah untuk menyempurnakan di bulan Ramadhan tahun ini. Jangan sampai, tahun ini masih sama dengan tahun kemarin, terlebih jangan sampai lebih buruk. Targetkanlah sebanyak mungkin kebaikan yang harus dicapai tahun ini, lalu kerjakan.

Kalau kita dapat menjalankan semua persiapan diatas, Insyaallah bulan Ramadhan tahun ini akan memberikan banyak berkah bagi kita. Mudah-mudahan kita semua dapat menjalankan ibadah bulan puasa dengan lancar. Aamiin. Terkahir, aku mengucapkan selamat menunaikan ibadah puasa 1436 H.

Jadilah pembaca setia gue, siapa tahu jodoh!

Reaksi:

2 komentar:

  1. Semoga saya bisa lebih baik dari bulan kemarin..
    Amin

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin. Semoga berkah :) Selamat menunaikan ibadah puasa :)

      Hapus