Selasa, 28 April 2015

#BeraniLebih Melewati Tikungan Tajam

#BeraniLebih

Setiap orang pasti memiliki mimpi atau cita-cita, pun dengan saya. Saya juga memiliki mimpi yang terus saya kejar. Saya #BeraniLebih untuk mengejarnya, sekalipun saya mengejar tanpa alas kaki ditengah panasnya jalanan.

Orang tua saya telah menjadi kedua sayap bagi mimpi-mimpi saya sehingga terus mengudara di angkasa. Mimpi terbesar saya: Menjadi seorang presiden. Saya targetkan mimpi saya tercapai 20 tahun dari sekarang. Aamiin. Selain itu, masih banyak mimpi-mimpi yang lain. Menjadi penulis, misalkan.
 
Imam Haydar siaran Radio Surabaya
Saat diundang dalam live on air salah satu Radio Surabaya

Sejak TK, saya telah #BeraniLebih untuk bersekolah di perantauan. Saat SMA, saya memilih bersekolah di kota yang mengharuskan untuk ngekost. Namun, tidak sedikit dari tetangga, bahkan saudara dari orang tua sendiri juga mencibir pilihan saya tersebut. 

Buat apa sekolah terlalu jauh?
Mau jadi apa nantinya?
Bersekolah di desa saja cukup.
Percuma sekolah jauh-jauh.

Saya memiliki empat adik yang menjadi tanggung jawab saya kelak. Saya berasal dari desa pelosok (Desa Paeng, Modung, Bangkalan – Madura). Saya berasal dari keluarga sederhana, dan itu sebabnya mereka selalu mencibir tentang mimpi saya, yang bagi mereka terlalu berlebihan. Tapi bagi saya, tidak ada mimpi yag berlebihan. Yang ada, ketakutan yang berlebihan untuk bermimpi.

Justru, dari cibirin tersebut telah menjadi motivasi bagi saya untuk membuktikan kepada mereka, bahwa #BeraniLebih itu tidak salah. Bahwa, apa yang mereka remehkan tentang saya tidak akan terbukti. Bahwa, saya pasti bisa untuk meraih semua cita-cita saya.
 
keberhasilan prestasi
Beberapa Prestasi

Kita memang harus #BeraniLebih untuk melewati tikungan tajam, dan jalan yang berkerikil sekalipun beresiko. Kita harus #BeraniLebih yakin atas pilihan yang kita rasa baik untuk cita-cita kita. Dan saya selalu #BeraniLebih untuk menerima remehan dari orang-orang sekitar sebagai motivasi dalam pencapaian mimpi-mimpi saya.

Saya #BeraniLebih untuk menerima resiko dibalik usaha saya, agar saya tahu buah dari kesuksesan. Saya #BeraniLebih untuk memilih jalan yang tidak banyak dilewati oleh orang lain, jalan tersebut merupakan jalan yang penuh dengan duri dan kerikil. Dan saya #BeraniLebih untuk percaya bahwa saya memang tidak sempurna, karena itu saya akan terus berjuang.
 
Beberapa Pengalaman Mengisi Training Motivasi
Saat Menjadi Pembicara Training Motivasi di salah satu SMA di Madura

Alhamdulillah, saat ini saya tercatat sebagai mahasiswa yang mendapatkan beasiswa penuh hingga tamat di salah satu Perguruan Tinggi Negeri ternama di Surabaya. Ini masih zona nyaman, saya harus #BeraniLebih untuk keluar dari zona nyaman ini,  dan saya tidak akan pernah bosan untuk selalu #BeraniLebih dalam berusaha mengejar kesuksesan.

Lalu, apakah ada batas bagi kita untuk #BeraniLebih dalam berusaha mengejar cita-cita? Jawabannya, ada. Batasnya adalah kematian. Dan jika kamu berhenti untuk #BeraniLebih dalam berusaha sebelum ajalmu berakhir, itu sebenarnya kamu telah mematikan diri. Itulah bunuh diri.

Penghargaan dalam Kompetisi Short Movie terbaik ke tiga se-Jawa Timur

Apa salahnya, #BeraniLebih untuk berusaha mengejar cita-cita? Toh, kesuksesan tidak pernah datang jika kita hanya berdiam diri. Lalu, banyak-banyaklah tidur dan bermimpi, dan jika kamu terbangun dari mimpimu, maka kejarlah. Jangan diam, diam berarti mati.

Sukses itu mudah, sukses itu mulia, dan sukses itu datang dari manfaat yang kita berikan. Bersikaplah untuk selalu #BeraniLebih jika kamu menginginkan hasil yang lebih. Jangan pernah takut diremehkan, selagi kita mau membuktikan bahwa kita punya harga. Saya #BeraniLebih untuk melewati tikungan tajam tersebut, dan kamu juga pasti akan lebih bisa! Percayalah, kamu special, kamu juara, dan kamu pasti bisa!

Training Motivasi Haydar Iskandar
Saat Menjadi Pembicara Training Motivasi di sebuah kompetisi lomba SMA

Haydar Iskandar
Saat Menjadi Narasumber Oleh BKKBN Provinsi Jatim

Saat menjadi pembicara dalam acara Talk Show di stasiun TV

Novel cinta
Salah Satu Buku Saya


Twitter: @haydariskandar
Facebook: Imam Haydar A
Email: imamhaydar.a@gmail.com

Jadilah pembaca setia gue, siapa tahu jodoh!

Reaksi:

74 komentar:

  1. Kakhay mah #BeraniLebih banget (y), nulis d blog.a lanjutin juga yaa kak :D ,, ganbate

    BalasHapus
  2. Sip kak hay :D kata katanya memotifasi saya untuk #BeraniLebih.. sukses terus kak.. smngat🙌

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sukses terus. Semoga tulisan ini bermanfaat. Aamiin :)

      Hapus
  3. Entah kenapa setiap baca tulisan di blog ini selalu membawa makna dan pelajaran bagi hidup saya. simple and straightforward.
    Keren kak. :)
    Anyway tulisan dari blog ini bagus dan layak untuk dibaca siapa saja yang ingin mengetahui esensi hidup. Mari kita belajar kehidupan. :)
    Semoga kakak jadi Presiden pertama dari tanah Madura.
    Selalu #beranilebih untuk ke depan.
    Semoga sukses kak,Semangaat!! Fighting!!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin aamiin aamiin. Bersyukur kalo tulisan ini dapat memotivasi. Sukses juga untuk yang berdoa tentang kebaikan terhadap saya :)

      Hapus
  4. Om keren banget (y)
    Terus berjuang Om dan semoga adik"mu ini kelak akan terus berjuang seperti yang Om lakukan :)
    Karena kita samasama dari pelosok Om tapi kita punya harga yang tinggi ;)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin. Terimakasih atas doa-doanya, dan sukses untuk kamu! Aamiin

      Hapus
  5. Buat kak Haydar tetap semangat ya kak meskipun kakak selalu dicibir oleh tetangga kakak..
    Dari situ kakak buktikan ke semua orang kalau kakak itu bisa..
    Jangan sampai disini ya kak teruslah berprestasi dan berkreasi karena perjalanan kakak masih terbuka lebar untuk menuju sukses..
    Banggakan kedua orang tua kakak..
    Sukses terus ya kak... Semangat..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin. Terimakasih doa dan semangatnya :) Sukses juga yang telahy berdoa kebaikan terhadap saya :)

      Hapus
  6. You can always do more than you think. Good luck for this! 😃

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin. Terimakasih doa dan semangatnya, dek. Semoga juga sukses SNMPTN-nya. Aamiin.

      Hapus
  7. Subhanallah Haydar, tambah hits aja! Sukses terus ya!

    BalasHapus
  8. #BeraniLebih menggapai cita cita,#BeraniLebih juga dalam kebaikan dijalanNya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. #BeraniLebih dalam kebaikan kepada Tuhan, itulah yang utama. Good! Terimakasih :)

      Hapus
  9. sukses terus Haydarrrr!!! #BeraniLebih-mu benar2 memotivasi. Semoga cita-cita jadi Presidennya bisa terwujud, aamiin :) Man jadda wa jadaa, inshaallah~

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin. Bersyukur kalau ini memotivasi, sukses juga :)

      Hapus
  10. Kamu uda setengah jalan untuk membuktikan ke mereka yang pernah mencibirmu, kini lanjutkan setengahnya untuk membeli omongan mereka yang pernah memandangmu sebelah mata. Kamu masi punya sahabat" yang masi terus mendukung dan mendoakanmu :)
    Semangat mami, jangan pernah menyerah ya. Kami bangga punya kamu :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terimakasih atas doa dan semangatnta. Semoga Allah mengabulkan, pun memberi kemudahan atas usaha-usaha baikmu :)

      Hapus
  11. Setelah baca ini, hati terhenti sesaat, langsung terfikirkan mimpi2 yang belum aku raih. Menyesal juga karena pernah menghentikan mimpi tsbt karena merasa tidak mampu dan juga takut untuk gagal. Sekarang aku sadar mimpi harus tetap dikejar, apapun yang terjadi. Kekagalan bukan akhir dari segalanya.
    Cibiran orang2 tentu jadi penyemangat kita untuk melangkah menuju mimpi kita. Semakin banyak cibiran justru lebih cepat kita meraih mimpi trsb dan smkin pingin menunjukkan kepada mereka kalau kita bisa sukses dengan segala keterbatasan yang kita miliki.

    Terimakasih banyak haydar, tulisanmu sudah membuka fikiran ini jauh kedepan. Sukses terus, ditunggu tulisan2 mu selanjutnya!! :-)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semoga setelah ini, semangatmu akan kembali membara. Kejar terus semua cita-citamu, jangan mau mati sebelum semua impianmu tercapai. Teruslah #BeraniLebih dalam kebaikan. Aamiin.

      Hapus
  12. Inspiring banget! Satu hal yang bisa yang diambil adalah nasib kita yang nentuin kita sendiri. Keep moving forward.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya benar, penentu nasib adalah diri kita sendiri. Semoga terus memiliki semangat juang yang tinggi dalam meraih semua cita-cita. Aamiin.

      Hapus
  13. Aamiin. Eh nanti kalo udah jadi Presiden beneran, jangan lupa undang anak2 XII IPA 2 angkatan kita main ke istana negara yaaa ;))) hahahaaa jangan sombong kalo sudah sukses! Semoga aku bisa cepet nyusul nerbitin buku :D :p kalau kamu bisa #BeraniLebih, aku juga pasti bisa #BeraniLebih!! :D go go go semangaatttttt...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin. Pasti aku undang teman-temanku :D Yok, segera capai mimpi-mimpimu, termasuk yang katanya mau nerbitin bukku (Y)

      Hapus
  14. blog ini sangat memotivasi
    semoga harapan kita tercapai semua Amin..

    BalasHapus
  15. Hidup adalah sebuah amanah. Amanah untuk selalu membuat setiap nafasmu menjadi berarti. Talk less do more! Semoga semuanya memang akan sesuai ridho Allah. Aamiin.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin ya rabbal alamin. Semoga menjadi yang amanah...

      Hapus
  16. "Lalu, apakah ada batas bagi kita untuk #BeraniLebih dalam berusaha mengejar cita-cita? Jawabannya, ada. Batasnya adalah kematian. "
    Setuju sama kalimatnya,,selagi batas tersebut belum datang ,maka kita masih wajib dan harus berani lebih untuk gapai cita2 ,,sukses buat kak hay ☺☺

    BalasHapus
  17. if you have many dreams, you also have many positive ways to make your dreams come true :) sukses terus kak. terus #BeraniLebih melakukan sesuatu yang baik untuk mencari berkah suksesnya :) Semangattt kakkk hay :)))

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin. Sukses juga untuk segala impianmu :) Aamiin.

      Hapus
  18. #BeraniLebih boleh asalkan jangan lupa untuk bersyukur dengan apa yang telah kita peroleh saat ini..karena msh banyak org lain yang ingin mendapatkan seperti yang kita capai..
    Keren pak tulisannya..*miringinkepala* sukses yaa say..wkwkwkwk semangat terus berkaryaaaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Intinya, tetap dan harus selalu bersyukur.

      Alay efek acara tv?

      Hapus
  19. Rizky Firdaus28 April 2015 20.28

    Aku juga sering diremehkan, semoga kesal dalam hati itu gak dosa, tapi itu juga jadi cara buat membuktikan sesuatu, walaupun beberapa orang tetap gengsi mengakui sesuatu, tapi kan kita sudah #BeraniLebih :) dan untuk orang awam kayak aku yang paling susah dan bingung itu cari media atau saluran agar kemampuan kita dikenal orang dan bisa disalurkan lebih lebih lagi. Sukses terus kak, semoga cita cita kita semua tercapai amin

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin. Terus #BeraniLebih untuk menemukan wadah penyalur minat dan bakatmu.

      Hapus
  20. Hidup adalah pilihan. Haydar memilih untuk keluar dari comfort zone. pembaca termasuk saya serasa mendapatkan energy booster dari tulisan ini. Semangat terus untuk mengupdate pengetahuan ilmiah yang diselaraskan dengan pengetahuan agama.karena kedunya ibarat sepasang sepatu. semoga sukses, Man Jadda Wa Jada.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin. Terimakasih atas doa dan semangatnya, mbak :)

      Hapus
  21. thanks haydar... dengan membaca tulisan mu saya mnjadi #BeraniLebih mnghadapi kehidupan ku.
    sukses terus
    kutunggu selanjutnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin. Semoga kamu juga sukses, kawan. Aamiin.

      Hapus
  22. Subhanallah, aku bacanya sambil merinding. Semoga setiap amin yang aku munajatkan, bisa terkabulkan oleh Allah. Sukses, bang :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin, ya rab! Terimakasih, semoga sukses juga, Bang.

      Hapus
  23. Menurut adek semua yang di ceritakan masnya ini dapet memotifasikan semua orang dalem kehidupan yang sangat berliku

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bersyukur, kalau ternyata sedikit cerita ini dapat memotivasi :) Terimakasih udah membaca:D

      Hapus
  24. Menginspirasi dan memotivasi banget tulisan blognya:) #BeraniLebih untuk menggapai impian-impian dan cita-cita kita untuk membahagiakan dan membuat bangga orang-orang disekitar kita terutama kedua orang tua:) Jangan pernah menyerah meskipun banyak orang yg memandang impian kita dengan sebelah mata, dan tetap lakukan apa yg menurut kita baik:) Keep fighting!!!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya, jadikanlah kedua orang tua sebagai motivasi terbesar dalam kehidupan kita. Semoga sukses. Aamiin

      Hapus
  25. Jadi kamu mulai emang bener-bener dari awal. Dari awal kamu udah #BeraniLebih melangkah untuk jadi yang apa kamu inginkan. Kagum sih sama kamu udah dapetin berbagai penghargaan dari hasil kerja keras kamu sendiri. So proud juga lah jadi temen kamu. Semangat ya! #BeraniLebih lagi buat dapetin apa yang kamu mau. Btw, tulisanmu menginspirasi dan memotivasi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terimakasih, semoga kita sama-sama meraih cita-cita yang telah kita gantungkan. Aamiin. Terimakasih sudah mampir :D

      Hapus
  26. Subhanallah aku merinding bacanya mas. Jujur setelah baca tulisanmu ini aku jadi semangat lagi buat perjuangin cita2ku, padahal waktu itu aku sudah nyaris menyerah. Bangga banget sama kamu yg #BeraniLebih buat dapetin apa yg kamu impikan. Dan bisa buktikan ke orang2 yg sudah meremehkan kamu. Hasil memang gak pernah membohongi usaha. Semangat untuk #BeraniLebih lagi yaa mas!! Terus berkarya dan melebarkan sayap!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah kalau semangatmu telah kembali, sekarang tinggal kembali berjuang. Perjuangan adalah usaha yang tidak pernah kenal menyerah. Semoga sukses dengan cita-citamu. Aamiin. Terimakasih :)

      Hapus
  27. subhanallah, sungguh berliku jalanmu mencapai impian, tapi itu belum seberapa, nak, karena saat kita mencapai impian kita jangan lekas puas dan jangan lupa denga orang yang sudah memberimu bantuan apapun, juga menggapai impian bukan hanya untuk peembuktian saja, tapi alangkah baik jika impianmu juga bisa bermanfaat untuk sesama, semangat dan sukses selalu, nak. semoga Allah ridlo dengan segala impianmu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin. Terimakasih atas bimbingan, arahan, serta doanya, Bu. Semoga saya dapat memanfaatkan kesempatan dalam hidup ini. aamiin. Semoga Ibu selalu diberikan kesehatan. aamiin.

      Hapus
  28. Sippp kakkk... Lanjutin teruss cita cita dan impiannya..
    .. #Beranilebih percaya diri dan #beranilebih memberikan motivasii ke kita kita ... Gak salah pnya temen kyk kakak..
    Stay #beranilebih menumbuhkan kumis #beranilebih memanjangkan jenggot . wkwkwkkw....
    #beranilebih menambah jempol buat kakakkk
    ..
    Yang terpenting harus #beranilebih untuk #beranilebih pada #beranilebih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waah... #BeraniLebih memanjangkan kumisnya jangan diikutsertakan :D Hehehe

      Makasih kunjungannya. :)

      Hapus
  29. Double triple thumbs up dehh buat mantan ketua pik r yg jadi patut jadi panutan iniiiii wkwkngalay:D salut kak sama kesungguhan tekadmu buat #beranilebih dari omongan buruk orang lain tentang kemampuanmu.... Semoga nantinya kamu bisa membeli semua cacian dan ketidakpercayaan mereka dengan kesuksesan yg bertahan lama dan bermanfaat untuk semuaa orang..... :) ganbatte!!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin.
      Sukses juga untuk kamu dek, semoga lolos SNMPTN-nya. Mendapat nilau UN yang memuaskan. Aamiin.

      Hapus
  30. Really proud of you, seriously. Semoga kedepannya selalu lebih baik, semakin bermanfaat, dan selalu dalam jalanNya. Ditunggu 20 tahun lagi ya, pak presiden!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin. Makasih doa-doanya.
      Jangan lupa, 20 tahun lagi pilih aku di pemilihan Presiden :D

      Hapus
  31. Segalanya tak gampang diraih. Tak hanya dengan berharap, namun berjuang. Tak hanya dengan berdoa, namun berusaha. Artikelnya mampu utk lebih membuka mata dan hati tentang makna hidup ini.
    Sukses selalu yaa, dan tunjukkan pada mereka. Pada mereka yang merasa mustahil bahwa orang 'pelosok' mampu menjadi sukses :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terimakasih atas semangatnya, mbak :D
      Ayo kita berjuang bersama untuk meraih mimpi-mimpi besar kita. Semoga Alloh meridhoi. Aamiin

      Hapus
  32. Penulis, adalah salah satu contoh inspirator bagi generasi penerus bangsa yang lain, lebih khusus bagi teman sebayanya. Sukses pemuda, teruslah #berani lebih untuk melewati aral yang melintang di sepanjang perjalan kalian menuju cita-cita.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Siap pak. Terutama, untuk kampus tercinta kami akan berjuang. Terimakasih, Pak:)

      Hapus
  33. Terimakasih, dengan demikian saya akan lebih mewujudkan mimpi mimpi saya yg sempat tertunda karena saya lelah.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semoga tahun ini, tidak lagi merasa lelah, dan tidak lagi tertunda dalam meraih cita-citanya. Sukses, Pras! Jauh-jauh dari Bojonegoro harus sukses! :D

      Hapus
  34. Subhanallah. Ketika saya memiliki mimpi, kadang saya menyerah di tengah jalan, karena berkurangnya motivasi. Lalu anda memberikan motivasi melalui tulisan ini sehingga saya kembali bersemangat mengejar impian impian saya. Ya, dalam mengejar sukses tidak bisa dipungkiri bahwa motivasi sangat dibutuhkan. Bukan hanya doa dan usaha. Anda telah memotivasi banyak orang untuk #BeraniLebih dalam mengejar sukses, semoga hal ini menjadi satu langkah yg mendekatkan anda menuju mimpi anda menjadi presiden. Amiin. Karena sukses berawal dari manfaat yg kita berikan, right?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Benar! Sukses datang dari manfaat yang kita berikan kepada orang. Semakin sering kita berbuat kebaikan kepada orang lain, maka semakin dekat pula keberhasilan untuk kita. Lanjutkan mengejar cita-citanya, jangan menyerah, karena menyerah adalah ciri orang payah!

      Hapus
  35. Balasan
    1. Aamiin. Terimakasih, dek. Sukses juga SNMPTN-nya. Aamiin

      Hapus
  36. Nyimak bgt baca tulisan ini, that's cool^^ Tentang mimpi. Kata kaka: Tidak ada mimpi yang berlebihan, yang ada ketakutan yang berlebihan untuk bermimpi. Meskipun typo saat menulis "yang" tanpa "n" xixi :^) Terus menulis yaa kak & sukses selalu! Dream and make it happen (^^,)9

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehe, terimakasih udah di koreksi, ya:D Nanti akan diperbaiki bagian yangt typo.
      Aamiin. Semoga sama-sama sukses!

      Hapus
  37. Msh boleh komen gak? Hehe. Sukses trs yaaa. Smoga cita2mu tercapai. Aamiin

    BalasHapus
    Balasan
    1. Masih masih :D
      Aamiin. Terimakasih doanya, dan semoga terjadi kebalikannya untukmu. Sukses juga untuk pencapaianmu. Aamiin.

      Hapus