Sabtu, 21 Maret 2015

[Tips Goblog] Sukses UNAS

Setiap orang, pasti dong pengen sukses. Salah satunya adalah sukses UN. UN bukanlah ujian nyontek. UNAS pun bukanlah  ujian nasib. Tapi UNAS adalah ujian nasional. Dari namanya aja udah tertulis kata ujian. Kalian tahu arti ujian apa? Cobaan. Dan kalian nyadar, gak sih? Kalo sebenarnya Ujian Nasional itu adalah sebuah cobaan yang sengaja diberikan kepada kita? Dan buat kalian yang udah pernah mengikuti UNAS, sekarang juga pergi ke depan cermin lalu ngomong: Apa sih manfaat UN buat aku? *Asik gak tuh*

Terus harusnya gimana? Gak usah ikut UN, sob. Emang boleh? Boleh kalo gak pengen lulus. *Kampret*

UN, UNAS, Tips UN


Sekarang, lupakan dengan manfaat UN itu apa, aku gak akan ngebahas hal itu karena aku juga gak tahu manfaatnya apa. Yang akan aku bagikan di tulisanku kali ini adalah, *eng ing eng* adalah.. tips untuk sukses menghadapi UNAS yang bentar lagi akan menggigit kalian (SMP/SMA).

1.      Periksa Diri
Sebelum mengikuti UN, pastikan terlebih dulu kalo kalian adalah siswa-siswi SMP atau SMA yang duduk di kelas 3. Hati-hati, buat kalian yang masih kelas 1 dan 2, jangan sampek menjadi peserta UN di tahun ini. Hati-hati loh.

2.     Belajar sejak Jauh Hari
SKS: Sistem kebut semalam, adalah cara belajar pelajar jaman sekarang yang akan menghadapi ujian. Itu gak akan pernah efektif. So, belajarlah jauh-jauh hari sebelum pelaksanaan ujian. Semisal kalian sekarang kelas 3 SMA, harusnya persiapan UN kalian udah sejak bangku TK. Efektif. Buat kalian yang sekarang kelas 3 SMP, harusnya persiapan UN kalian sejak bangku PAUD. Efektf. Jadi, kalo ada diantara pembaca tulisan ini dari anak TK, kakak mau ngomong: cepet-cepet belajar rumus integral dan turunan, ya dek? Biar entar Ujian Nasionalnya lancar. Efektif sob.

3.     Banyak Menghafal
Semakin kalian hafal atau ingat akan suatu materi mata pelajaran, semakin mudah kalian dalam mengerjakan soal UN. Ah, hafalan itu susah. Mungkin beberapa diantara kalian ada yang bilang gitu. Sekarang gini deh, kalian bisa hafal dengan tanggal jadian tapi kenapa gak bisa hafal dengan rumus percepatan? Kalian hafal banget dengan tanggal-tanggal penting, atau saat-saat sepesial bersama pacar kalian, tapi kenapa kalian susah banget buat ngafalin sederet rumus matematika?
Jawabannya adalah, mungkin karena kamu suka, karena kamu cinta, sehingga akan dengan mudah untuk mengingat semua hal yang berkaitan dengan si doi. Nah, harusnya, kalian sukai dulu, cintai dulu mata pelajaran tersebut, maka akan dengan mudah pula kalian hafal dengan mata pelajaran tersebut. Gitu, lo.

4.     Fokus
Fokus aja sama UN kalian. Semisal dengan cara, kurangi bermain, kurangi jam begadang, kurangi pula waktu ngapel kalian. Jangan sok-sokan pakek alasan: Aku ngapelin dia, kan sekalian belajar bareng buat UN? Ah basi. Basi. Belajarnya setengah jam, pacarannya bisa setengah abad. Itu yang dinamakan belajar bareng? Lagipula, gak akan fokus kalo kalian belajar bareng si doi. Apalagi kalo pacarnya gak satu, dua atau tiga misalkan? *Nah loh yang lagi punya pacar banyak, baca tulisan ini sambil senyum-senyum*

5.     Banyak Berdoa
Nyadar gak sih kalian? Masjid-masjid di tempat kalian suka rame mendadak oleh anak-anak muda di saat menjelang UN? Apalagi kalo malem jumat, itu seakan-akan jamaahnya lebih banyak dibanding jamaah saat sholat hari raya idul fitri. Dan setelah selesai UN, sepi lagi tuh masjid.
Gak salah sih, malah bagus, dan akan lebih bagus lagi kalo kalian rajin beribadah, bukan hanya disaat punya maksud doang. Kalian kira Tuhan itu sama seperti mantan? Yang hanya dihubungi kalo lagi butuh doang? Bukan sob!

6.     Hati-Hati saat UN
Pasti bingung dengan maksud tips yang satu ini apa, iya kan? Maksudnya adalah, hati-hati dalam mengerjakan soal, jangan sampai terburu-buru sehingga terkadang membuat kalian salah jawab. Sebenarnya kalian tahu jawabannya, cuma karena gak fokus dan kurang hati-hati, kalian keliru menuliskan jawaban. Tapi bukan berarti ‘hati-hati’ saat mencontek agar gak ketahuan pengawas ujian, bukan. Bukan itu maksudnya.
Tapi aku peringatkan, jangan sesekali kalian membawa kunci jawaban ke sekolah saat pelaksanaan UN! Jelas gak boleh, dan gak baik. Hati-hati sob, sekarang lagi marak pembegalan. Bisa aja kalian di begal di tengah jalan, bukan mau ngerampas motor kalian, melainkan untuk ngerampas kunci jawaban kalian, lalu di jual lagi. Nyadar gak sih, kalo ternyata harga selembar kunci jawaban itu lebih mahal dari harga sepeda motor? Jadi, mungkin aja sekarang para begal itu beralih untuk membegal ‘kunci jawaban’. (Peringatan! Menggunakan kunci jawaban itu gak boleh. Karena kalian gak akan menemukan kepuasaan saat hasil yang kalian terima bukan dari hasil kerja keras sendiri)
Tapi, bukan karena aku tahu harga kunci jawaban UN, kalian berpikir yang aneh-aneh kalo aku ini penjual kunci jawaban UN, atau pengguna kunci jawaban saat UN. Bukan. Aku tahu karena dari hasil survei, dan aku lakuin survei ini untuk.., untuk bisnis pembegalan aku yang baru. ‘Pembegalan kunci jawaban’

UNAS, sukses, tips unas


Oke, itu dulu enam tips ngawur tapi manjur kali ini. Semoga kalian bisa menerapkan, dan berdoalah diberikan kesuksesan saat melaksanakan UN. Aku ikut mendoakanmu: Aamiin. (*tersenyum lebar*)

Coming Soon: Pembegalan Kunci Jawaban

Jadilah pembaca setia gue, siapa tahu jodoh!

Reaksi:

6 komentar:

  1. Tipsnya lumayan. Lumayan gak ngawur. Tapi rata-rata gue setuju kok. Dengan tips, elu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waah, padahal pengennya tak buat ngawur, biar gak guna. Hehehe

      Hapus
  2. Klo dari TK ud belajar integral, umur 8 tahun ud jd sarjana tuhh :D hehe

    BalasHapus
  3. Balasan
    1. Waah, padahal pengen gak ada yang setuju. Hehehe

      Hapus