Sabtu, 31 Mei 2014

Gadget Inovator

Era modern ini semua serba menjadi lebih mudah, cepat dan canggih. Terbantu dengan namanya gadget. Semua gadget sudah dapat membantu manusia. Manusia yang normal dan manusia yang mempunyai disabilitas pun sudah dapat menikmati kecanggihan gadget.


Berikut adalah gadget yang menurut saya gadget paling inovator. Gadget-gadget ini dapat membantu manusia disabilitas dapat berkomunikasi dengan lancar. Bekerja tanpa peduli dengan ketidakmampuannya.

#1 Smartphone Tunanetra



Seorang peneliti asal India mengembangkan smartphone yang dikhususkan untuk kalangan tuna netra. Dengan smartphone ini, mereka bisa mengirim  pesan pendek, bahkan email. Menurut sang penemu, Sumit Dagar, ponsel pintar ini mengubah semua teks ke dalam pola Braille. 


Dengan menggunakan teknologi Shape Memory Alloy, berdasar pada konsep bahwa logam berubah sesuai bentuk aslinya. Misalnya usai disentuh atau diubah bentuk, logam akan kembali ke bentuk asalnya. Dengan teknologi ini, layar memiliki pola jaring titik-titik yang bisa berubah sesuai kebutuhan. Pola jaring titik-titik ini yang menampilkan huruf Braille, yang menampilkan karakter atau huruf.

Dagar memulai proyek ini tiga tahun lalu saat mempelajari Desain Interaksi National Institute Design. Setelah bekerja pada beberapa perusahaan, dia memutuskan fokus pada desain interaksi.  Bersama enam orang lainnya, Dagar mendirikan Kriyate Design Solutions, dan mengembangkan smartphone Braille ini. Perusahaannya ini tengah diinkubasi oleh Centre for Innovation Incubation and Entrepreneurship, di kampus Ahmedabad. Pengembangan smartphone Braille ini mendapat dana dari Rolex Awards, di bawah program Young Laureates Programme. Program ini memilih lima orang dari seluruh dunia tiap dua tahun sekali. Mereka yang terpilih akan dapat dana mengembangkan proyeknya. 

#2 Universal Communicator
Orang yang memiliki kesulitan dalam berbicara , mendengar atau bahkan melihat dapat menggunakan perangkat ini tanpa halangan, yang membuat mereka mirip benar-benar normal. Gadget ini diberi nama Communicator Universal oleh Sebastian Popa.

Desainnya akan menangkap indra anda segera, setelah anda meletakkan mata di atasnya. Alat ini sederhana untuk dismpan hanya terdiri dari sebuah cincin dan gelang , yang sangat tepat untuk memfasilitasi percakapan. Gelang yang dikenakan di pergelangan tangan dan terdapat mikrofon yang melekat berguna untuk mengirim pesan yang diucapkan , bila berada di dekat mulut . Cincin akan membantu Anda mendengarkan semua pembicaraan ketika ditempatkan di dekat telinga. Universal Communicator ini telah dibuat dari bahan yang sangat lentur , sehingga bisa cocok ke setiap ukuran pergelangan tangan. Muncul dengan beberapa penggunaan dan bermanfaat bagi orang normal dan cacat. Bahkan itu akan membantu orang-orang dari kedua genre untuk berinteraksi tanpa banyak kesulitan

By : bapakgadget.blogspot.com

Jadilah pembaca setia gue, siapa tahu jodoh!

Reaksi:

0 komentar:

Posting Komentar