Selasa, 18 Februari 2014

Aku Anak Kostan, bukan Anak Kontrakan

Dua tahun yang lalu, aku memilih untuk bersekolah di luar kota tempat tinggalku. Bukan tanpa alasan, tapi tujuaannya karena aku ingin menjalankan isi pepatah "Tuntutlah Ilmu walau ke Negeri China". Jadi aku pikir, ke negeri China aja disuruh apalagi cuma sekedar luar kota saja. Dan masih ada 1001 alasan lagi. Dan karena jarak antara rumah dan sekolah terlalu jauh, aku harus ngekost (yang gak tau, ngekost itu adalah.....)

Lagi lagi, bukan tanpa alasan kenapa aku memilih ngekost daripada ngontrak rumah, walaupun lebih enak ngontrak sebenernya. Kenapa aku memilih ngekost ? Karena gelar yang dimiliki itu lebih keren, yaitu "anak kostan". Tapi kalo ngontrak gelar yang dimiliki itu gak enak banget, yaitu "Anak Kontrakan." Emangnya aku apaan mau dikontrak segala ? 


Dan semenjak ngekost, banyak hal yang aku tahu. Aku tau dengan Ibu kostnya, tahu dengan pak kostnya. dan tahu dengan anak-anaknya. Dan semenjak itu pula, aku mulai mengerti dengan arti hidup, bahwa tak selamanya kita kenyang, di akhir bulan kita akan kelaparan. Iyalah, gimana enggak. Anak kost itu hanya kaya di awal bulan saja, minggu berikutnya, puasa menjadi rutinitasnya (puasa tanpa sahur dan tanpa buka). Awalnya sih, gak kerasan kalau aku harus ngekost, tapi gak ada pilihan lagi, untungnya anak Ibu kostnya cantik, jadi cepet betah deh (maaf yang barusan keceplosan).


Mungkin, banyak orang yang merasa enggan untuk ngekost, karena mereka pikir ngekost itu gak enak, dan jadi anak kost itu susah. Tapi sebenernya, ngekost itu mengajarkan kita untuk hidup mandiri dan belajar hidup hemat. Contohnya aku, semenjak aku ngekost, sumpah aku jadi seorang penghemat banget. Kemana-mana aku selalu nebeng ke temen, bahkan mau jalan sama pacar pun aku masih nebeng. Mau makan masih update status ngenes dulu, dan hasilnya akan ada banyak temen yang ngirimin kita makanan Indahnya jadi anak kost.


Dan masih banyak lagi bagaimana cara kita (khusus anak kost) untuk menghemat sirkulasi pengeluaran kita agar tetap aman. Karena aku baik, akan aku share buat kalian semua, tapi tunggu setelah kampanye berikut ini.

Jadilah pembaca setia gue, siapa tahu jodoh!

Reaksi:

0 komentar:

Posting Komentar