Senin, 24 Februari 2014

[Tips Goblog] Mengatur Sirkulasi Keuangan


Aku bangga sekali menjadi anak kost, saking bangganya aku menempatkan gelar anak kostan di akhir namaku. Jadi anak kost itu asyik (diawal bulan saja). Tapi kenapa ya, banyak orang yang menyangka kalau jadi anak kost itu menyusahkan, ribet, dan terkahir menyengsarakan. Mungkin karena mereka belum mendalami gelar sebagai anak kost. Dan terlebih mereka belum baca postingan blog ini nih. 

Karena kebanyakan, kendala anak kost itu adalah sulit mengatur sirkulasi keuangan mereka. Sehingga, mereka hanya kaya di awal bulan saja dan di akhir bulan, mereka pindah-pindah warung untuk di utangin (pengalaman). Oke, kali ini akan aku bagikan buat kalian tips-tips mengatur sirkulasi keungan agar tetap aman yang udah aku terapkan (terbilang sukses sih, tapi....)

1.     Catatlah Kebutuhanmu
Kamu perlu mencatat semua kebutuhanmu, mungkin selama satu minggu ke depan atau mungkin selama satu bulan ke depan. Nah setelah itu, sesuaikan dengan uang yang ada di dompetmu. Lalu, penuhilah kebutuhan yang amat perlu dan gak bisa di tunda-tunda lagi. Untuk keperluan lainnya, bisa dipenuhi kapan-kapan.


2.    Perbanyaklah Sahabat
Punya banyak teman itu sangat menguntungkan, terlebih temenmu itu selalu ada. Selalu ada kalo dihutangi uang, selalu ada kalo minta di trakir makan, dan selalu ada kalo minta di tebengin.

3.    Update Status
Aneh kan ? tapi manjur man. Jadi waktu itu, aku lagi bokek dan kondisi perut lagi kampanye. Aku nyobak-nyobak aja buat status di BBM begini, "Perut lapar, belum makan 7 hari 1 malam. Mau beli gak ada uang receh" Berharap ada yang peduli gitu. Dan ternyata, ini berhasil. 4 bungkus makanan aku dapetin malam itu. 3 bungkusnya dikirim lewat BBM, dan satu lagi di kasih ibu kost.

4.    Cari Tebengan
Nebeng itu adalah pekerjaan paling hina, tapi itu hobiku. Dan biar gak keliatan terlalu hina, setiap kamu mau nebeng, perindah di kalimat ajakannya aja. Jadi, jangan seperti ini, "aku nebeng kamu ya" apalagi seperti ini "Aku ambil motormu ya". Yang bener tuh gini, "Kamu mau gak entar bareng aku berangkatnya ? aku tunggu di depan kostanku ya".

 Mungkin itu dulu yang bisa aku share ke kalian, sedikit ngawur tapi manjur. Jangan lupa, baca doa sebelum melakukan tips-tips diatas. Terimakasih, jangan lupa kirim makanan ke kostanku yaa (y)

Jadilah pembaca setia gue, siapa tahu jodoh!

Reaksi:

0 komentar:

Posting Komentar